1.463 Pendukung Bacalon Perseorangan di Pilkada Indramayu Meninggal Dunia

  • Whatsapp

Jurnalcirebon.com – Bawaslu Jawa Barat menemukan pendukung bakal pasangan calon perseorangan tdak memenuhi syarat (TMS), bahkan ribuan warga yang sudah meninggal masuk dalam daftar pendukung.

Pasangan Toto Sucartono-Dies Handika di Pilkada Indramayu adalah salah satu dari ima bakal pasangan calon perseorangan akan berkontestasi di ajang Pilkada Serentak 2020 di empat kabupaten di Jabar.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun jurnalcirebon.com,  dari  verrifikasi faktual terhadap berkas dukungan yang dilampirkan setiap kandidat independen pada 26 Juni – 12 Juli, ada 90.882 pendukung TMS berdasarkan tujuh kategori.

Dari jumlah itu, sebanyak 7.026 pendukung yang terdaftar telah meninggal dunia, diantaranya di Kabupaten Indramayu sebanyak 1.463

Data bermasalah lain dari enam kategori lain. Yakni, terdapat 17 pendukung berlatar belakang anggota TNI, 10 anggota polisi, 782 Aparatur Sipil Negara (ASN), 782 penyelenggara pemilihan, dan 984 kepala desa atau perangkat desa.

Kemudian,total ada 60.822 pendukung tidak menyatakan mendukung dan mengisi form lampiran BA.5-KWK sebanyak, 2.231 pendukung ganda internal, 3.228 pendukung data fiktif, dan 18.391 pendukung tidak dapat difaktualisasi.

Komisioner Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi mengatakan verifikasi faktual yang diperiksa merupakan bagian uji validasi dari dokumen yang diserahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Bawaslu juga mengawasi beberapa hal lain, seperti netralitas ASN hingga praktik politik uang. ” Tegas Zaki seperti dilansir  Merdeka.com (Sanuri/JC)

Pos terkait