Dianggap Tantang Aturan Kemendes, Kuwu Guwa Kidul Terancam Didemo

  • Whatsapp

Jurnalcirebon.com – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Masyarakat Peduli Guwa Kidul mengancam akan melakukan aksi demonstrasi.

Aksi unjuk rasa dipicu oleh kepala desa (kuwu) mereka yang dianggap tidak transparan dalam pengelolaan keuangan desa. Selain itu, keengganan Kuwu memampang papan informasi proyek dianggap sebagai pembangkangan atas aturan Kementerian Desa (Kemendes).

Informasi yang berhasil dihimpun jurnalcirebon.com, aksi demo rencananya akan digelar minggu depan. “Kami baru akan melayangkan Surat Pemberitahuan ke pihak kepolisian,” ujar koordinator aksi, Moh. Khusaeni, didampingi aktivis anti korupsi, Moh. Khaffi, Sabtu (18/01/2020).

Dia mengatakan, masyarakat menginginkan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan desa Karena selama ini pemerintah desa dinilai sangat tertutup. “Salah satu indikatornya tidak adanya papan informasi dalam setiap proyek sehingga masyarakat tidak tahu siapa pelaksananya, dari mana sumber dananya apakah dari dana desa, APBD Kabupaten atau Provinsi Karena selama ini seolah-olah diklaim bersumber Dana desa,” kata Khusaeni.

Selain itu, kata dia, proyek yang ada pelaksanaanya tidak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB). Bahkan karena spesifikasi material yang rendah banyak bangunan yang cepat rusak karena dikerjakan asal-asalan.

“Kami sudah melaporkan kasus ke Pak Camat bahkan ke pihak Kepolisian, namun sejauh ini belum ada respon yang berarti,” tandas Khusaeni yang juga Ketua Lemnaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Kabupaten Cirebon ini. (ST)

  • Whatsapp

Pos terkait